Lebih dekat dengan Andi Uchu, Wajah Baru Bulukumba 2020

 Muhammad Yusuf Ali

Muhammad Yusuf, ST atau lebih akrab dengan sapaan Andi Uchu, lahir pada 3 Juli 1976 di Tanete, Kec. Bulukumpa. Andi Uchu adalah anak ke-7 dari 11 bersaudara. Salah satu putra terbaik Bulukumba ini lahir dari pasangan H. Andi Mu- hammad Ali Yusuf dan Hj. Andi Dalima Makkarodda yang membesarkan kesebelas anaknya dari berdagang pakaian dan barang campuran. Mereka sempat viral pada tahun 2014. Tidak hanya karena menjadi Juara 1 Lomba Keluarga Sakinah Tingkat Kab. Bulukumba, tapi juga berhasil mengungguli pe- serta dari kabupaten lain hingga mengantarkannya mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke Tingkat Nasional yang digelar di Jakarta 14-18 Agustus 2014. Melalui lomba ini mereka mendapat undangan khusus ke gedung DPR MPR, mengiku- ti upacara Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Istana Negara, hingga menghadiri acara Ramah Tamah dengan Jajaran Menteri dan Presiden SBY beserta Pak Yusuf Kalla yang men- jabat kala itu. Kisahnya langsung mengisi 3 halaman majalah Kemenag Sulawesi Selatan dengan Topline “Tidak lulus SR lahirkan Professor”.

Pasangan H. Andi Muhammad Ali Yusuf dan Hj. Andi Dali- ma Makkarodda membangun perekonomian keluarga dari bawah. Ketekunan kerja yang didukung semangat juang da- lam kesederhanaan menurun ke anak-anaknya, tak terkecuali Andi Uchu. Sejak kecil Andi Uchu tidak hanya dituntut tekun dan disiplin belajar untuk meraih prestasi akademik semata, tapi juga mengimbanginya dengan tugas di rumah.

Andi Uchu memulai pendidikan formalnya di TK. Pertiwi yang tepat berada di samping rumah orang tuanya. Ia lalu melanjutkan pendidikan di SDN 60 Tanete yang berada tak jauh dari pasar. Hal ini membuatnya sering diberi tugas ber- belanja bahan makanan.

Andi Uchu sudah memperlihatkan minatnya yang tinggi di
bidang seni sejak usianya masih sangat belia. Dia mewakili sekolahnya dalam lomba-lomba di tingkat Kabupaten hingga tingkat Provinsi.
Usai menyelesaikan pendidikan dasarnya. Andi Uchu melan- jutkan pendidikan formalnya di SMP Tanete. Di sana Andi Uchu sangat aktif di organisasi Pramuka, yang kerap melaku- kan kegiatan sosial dibarengi kegiatan berkemah di berbagai kecamatan di Bulukumba. Ia juga beberapa kali mewakili sekolahnya pada berbagai lomba Tingkat Kabupaten. Salah satu prestasi terbaiknya semasa SMP adalah Juara 2 Pemi- lihan Siswa Teladan Tingkat Kabupaten Bulukumba Tahun
1990.

Dengan bekal nilai kelulusan yang tinggi, Andi Uchu hijrah ke Makassar melanjutkan sekolahnya di SMAN 03 Makassar. Perjalanan akademiknya terbilang selalu cemerlang hingga masuk kuliah jurusan  Teknik Mesin Universitas Hasanuddin pada tahun 1994. Sejak tahun pertama di kampus  UNHAS, Andi Uchu sudah aktif di berbagai kegiatan kemahasiswaan dan menjadi kader aktivis kampus yang idealis dan ce- merlang. Di masa pergerakan Reformasi, Andi Uchu sudah menjadi sekertaris umum Himpunan Mahasiswa Teknik Mes- in UNHAS, dan sering memimpin demonstrasi mahasiswa.

Pengalaman Organisasi

Usai Gerakan Reformasi 1998, Andi Uchu terpilih sebagai Ketua Senat Mahasiswa Teknik UNHAS. Kepemimpinannya membawa banyak kemajuan signifikan pada kelembagaan mahasiswa dan berikut prestasi-prestasi kelembagaan yang dipimpinnya. Andi Uchu adalah salah satu perintis Organ- isasi Pedebat Bahasa Inggris dari Fakultas Teknik hingga ke Tingkat Universitas. Beberapa kali ia membawa tim debat UNHAS ke Tingkat Nasional. Bahkan tidak sedikit kadernya yang berhasil menembus kejuaraan internasional.
 Muhammad Yusuf Ali

Karir dan  Bisnis

Setelah lulus kuliah, Andi Uchu mulai bekerja pada sebuah perusahaan otomotif dan sekaligus sebagai instruktur Bahasa Inggris pada sebuah lembaga kursus di Makassar. Selain itu, Andi Uchu juga tergabung dalam kelompok Peneliti NGO tentang Masyarakat Miskin Perkotaan. Selang beberapa wak- tu, Andi Uchu berhenti dari perusahaan otomotif tempatnya bekerja dan bergabung di sebuah Bank BUMN sebagai team leader pada salah satu unit bisnis. Merasakan tantangan yang mulai berkurang oleh rutinitas yang monoton, Andi Uchu kemudian memutuskan keluar dari zona nyamannya dengan merintis usahanya sendiri yang dimulai dengan bisnis spare part otomotif. Selain itu, Andi Uchu juga mendirikan CV untuk pemasaran genset dan kontraktor pengadaan. Beberapa aktivitas bisnis lainnya yaitu mendirikan perusa-
haan yang bergelut di bagian bongkar muat barang di Pelabu- han Soekarno-Hatta Makassar. Andi Uchu juga membangun jaringan distribusi produk-produk kesehatan dan kecantikan yang tersebar di berbagai provinsi di Indonesia bahkan luar negeri. Di samping itu, Andi Uchu aktif memberikan seminar dan pelatihan bisnis di berbagai kota di seluruh Indonesia. Sejak tahun 2007, Andi Uchu telah berbicara di hadapan puluhan ribu orang dan menjadi sosok inspiratif.

Tepat di hari kelahirannya tanggal 3 Juli 2007, Andi Uchu me- nikah dengan gadis pujaannya yang berprofesi sebagai notaris bernama Indira Mappangadjak. Kini mereka telah dikaruniai dua orang putri yaitu Daaniyah Raihaanun Yusuf (12) Dan Aalimah Maisuri Yusuf (5). Bisnis yang dijalankannya selama 15 tahun terakhir membuatnya kini memiliki pasif income sehingga bisa menghabiskan waktu lebih banyak dengan keluarga. Andi Uchu juga setidaknya sekali setahun bisa me- nikmati hobi travelingnya ke berbagai negara dan mengoleksi banyak pengalaman menarik dari setiap kunjungannya. Kelak jika Allah SWT menghendaki,  Andi Uchu akan membak- tikan diri dengan memanfaatkan seluruh pengalaman dan kemampuan untuk membangun derahnya jika mendapatkan amanah sebagai Bupati Bulukumba periode 2021-2026. INSYA ALLAH. Amin.

 Muhammad Yusuf Ali


0 Response to "Lebih dekat dengan Andi Uchu, Wajah Baru Bulukumba 2020"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel