Kopi Kahayya Kopinya Orang Bulukumba

 Kopi Kahayya Bulukumba

Kahayya adalah Desa yang terletak di daerah pegunungan Bawahkareng dan Lompo Battang salah satu dari 13 desa yang ada di kecamatn Kindang kabupaten Bulukumba dengan ketinggian 1000 sampai 2830 MDPL. Desa kahayya sangat potesial dari segi perkebunan kopi di mana Desa ini adalah salah satu penghasil kopi di kabupaten Bulukumba khususnya di wilayah selatan provinsi Sulawesi selatan.

Menurut bahasa Kahayya berasal dari kata “Kaha” yang berarti Kopi, Kata Kaha itu sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu Qahwah dari kata; Aqaa – Yuqihi yang artinya menyenangkan. Kaha dengan akhiran “Ya” dalam bahasa Makassar konjo dapat di maknai sebagai bentuk rasa memiliki suatu benda atau barang lebih dari satu orang sehingga Kahayya dapat di artikan sebagai Kopi Kita atau Kopi yang dimiliki bersama .

Awalnya tanaman Kopi Kahayya ditemukan oleh Tongan Dg manassa putra Patappa Dg Pahallang salah satu Tokoh yang merintis perkampungan kahayya di perkirakan pada tahun 1714 Masehi di Kale Kahayya. tanaman kopi yang ditemukan tersebut adalah Typica yang merupakan Varietas Kopi arabika tertua dan diperkirakan usia tanaman tersebut suda mencapai ratusan tahun, oleh masyarakat desa kahayya menyebuntnya dengan nama Kopi Bugis

Kopi Bugis (Typica) mulai dikembangkan oleh masyarakat kahayya sekitar tahun 1778 Masehi sampai 1970 Masehi. kopi Bugis sempat menjadi komoditi unggulan pada masa itu sebelum munculnya Tanaman Kopi Robusta dan Arabika lini s.

Arabika Lini s kahayya berasal dari daerah Malakaji (kab. Gowa) dan Labbo’ (Kab. Bantaeng) mulai di budidayakan oleh masyarakat petani di Kahayya pada tahun 1983 samapi sekarang jenis kopi ini mendominasi kebun warga masyrakat desa kahayya dengan luas area perkebunan 550 hektar yang tersebar di tiga dusun yang ada di desa kahayya kecamatan kindang Kabupaten Bulukumba.
 Kopi Kahayya

0 Response to "Kopi Kahayya Kopinya Orang Bulukumba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel